Skip to content

Arus apa Tegangan?

April 28, 2010

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar orang sering berbicara “Oo.. ini arusnya terlalu besar!” atau juga banyak yang bilang “Iya, ini tegangannya naik turun..”. Nah, sebenarnya apa sih bedanya arus dan tegangan? apakah anda yakin kalau anda bisa menjawabnya?

“Iya, ini tegangannya naik turun”, apakah tegangan bolak-balik tidak naik turun?? apakah pernyataan itu benar pada tempatnya? Apa sih arus itu? dan apa pula tegangan itu?

Arus
Banyak dari kita sering men-salah artikan istilah “Arus” ini. Bahkan banyak juga yang salah kaprah mentafsirkannya. Arus, adalah mengalirnya elektron secara terus menerus dan berkesinambungan pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlah elektronnya tidak sama. Sedangkan satuan arus listrik adalah Ampere.

Sama dengan arus sungai, arus listrik juga mengalir. Arus sungai bergerak dari tempat yang tinggi menuju ke tempat yang rendah, sama dengan arus sungai, arus listrik bergerak dari terminal positif (+) ke terminal negatif (-), Sedangkan aliran listrik dalam kawat logam terdiri dari aliran elektron yang bergerak dari terminal negatif (-) ke terminal positif(+), arah arus listrik dianggap berlawanan dengan arah gerakan elektron.

Arah arus listrik dan arah gerakan elektron.

Arah arus listrik dan arah gerakan elektron.

Sedangkan kuat arus listrik adalah arus yang tergantung pada banyak sedikitnya elektron bebas yang pindah melewati suatu penampang kawat dalam satuan waktu.

“1 ampere arus adalah mengalirnya elektron sebanyak 628×10^16 atau sama dengan 1 Coulumb per detik melewati suatu penampang konduktor”

Formula arus listrik adalah:

I = Q/t (ampere)

Dimana:
I = besarnya arus listrik yang mengalir, ampere
Q = Besarnya muatan listrik, coulomb
t = waktu, detik

Tegangan

Mari kita bermain air lagi, setelah sebelumnya kita menggunakan sungai untuk analogi arus, sekarang kita analogikan “tegangan” dengan bejana berhubungan seperti gambar dibawah.

Aliran air pada bejana berhubungan

Sekarang apabila kita mempunyai 2 buah bejana berhubungan seperti pada gambar diatas, jika tabung tersebut kita letakkan pada tempat yang datar, apa yang terjadi? ya, permukaan air pada kedua bejana tersebut akan terlihat datar dan sama volumenya, dalam hal ini tidak ada aliran air dalam pipa.  Akan tetapi, apa yang terjadi apabila salah satu tabung kita miring-kan?Jika salah satu tabung diangkat maka dengan sendirinya air akan mengalir dari tabung tersebut ke tabung yang lebih rendah. Makin tinggi tabung diangkat makin deras aliran air yang melalui pipa.

Terjadinya aliran tersebut dapat dipahami dengan konsep energi potensial. Tingginya tabung menunjukkan besarnya energi potensial yang dimiliki. Yang paling penting dalam hal ini adalah perbedaan tinggi kedua tabung yang sekaligus menentukan besarnya perbedaan potensial. Jadi semakin besar  perbedaan potensialnya semakin deras aliran air dalam pipa.

Konsep yang sama akan berlaku untuk aliran elektron pada suatu penghantar. Yang menentukan seberapa besar arus yang mengalir adalah besarnya beda  potensial (dinyatakan dengan satuan volt). Jadi untuk sebuah konduktor   semakin besar beda potensial akan semakin besar pula arus yang mengalir.

Perlu dicatat bahwa beda potensial diukur antara ujung-ujung suatu  konduktor. Namun kadang-kadang kita berbicara tentang potensial pada  suatu titik tertentu. Dalam hal ini kita sebenarnya mengukur beda potensial  pada titik tersebut terhadap suatu titik acuan tertentu. Sebagai standar titik  acuan biasanya dipilih titik tanah (ground).

2 Comments
  1. Salam kenal mas…:)

    Tulisan yang sangat lugas yg cocok untuk orang awam. Sedikit tambahan definisi arus: arus baru mengalir kalau rangkaiannya tertutup (jika ada beban).

    • Iya benar.. wah, ada yang kelupaan ternyata, hihihi… thanks om atas koreksinya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: