Skip to content

Kompensasi power faktor dengan Kapasitor Bank (Part 2)

June 21, 2010

Hai semua! balik lagi.. bagi yang belum baca part 1-nya baca dulu disini yah..ūüôā

Sebelum menginjak lebih jauh lagi, kita bahas dulu yuk segitiga daya, biar lebih jelas ntar-nya gimana. Masalah daya tidak perlu dibahas disini deh kayaknya (udah banyak yang bahas soalnya) kita fokus aja ke kompensasi daya-nya.

Nah, apa sih bedanya daya aktif, reaktif ma daya nyata itu? terus apa hubungannya? ni dia tak kasih gambarnya segitiga daya, biar enak diliatnya..ūüėÄ

Segitiga Daya

Sesuai dengan posting yang sebelumnya, Daya yang dikonsumsi oleh beban-beban induktif  seperti motor, trafo, lampu, dsb adalah Daya Reaktif (Q).

Nah.. gantian saya sekarang yang tanya, apa yang terjadi bila Daya Reaktif Q kita kurangi (dengan kata lain garis Q-nya dipendek’in). Hehe.. Ya! daya Nyata-nya juga jadi berkurang.. (inget rumus trigonometri?).

Jika daya nyata (S) juga berkurang, Konsumsi daya jadi lebih hemat karena besar daya yang kita konsumsi tu ya daya nyata, jadi cost bisa ditekan, tu kesimpulan kasarnya.. yang alus ntar aja..

Kompensasi daya

Ada berbagai macam teknik untuk melakukan kompensasi daya reaktif ini. Salah satu cara yang paling nge-trend adalah dengan memasang kapasitor bank. dari gambar kompensasi daya diatas dapat kita jabarkan lagi, bahwa dengan melakukan koreksi daya reaktif (Qkoreksi) maka besar daya reaktif akan berkurang menjadi Q.  Dan, apakah anda memperhatikan beda sudut segitiga diatas dengan seksama apabila Q koreksi terpenuhi? YA! sudut akan mengecil. Hal ini berarti power faktor menjadi baik.

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: